Minggu, 27 Agustus 2017

pellet herbal gurame

Pellet herbal?? Ya.. Pelet herbal. Pellet merupakan bahan pakan yang dipadatkan sedemikian rupa dari bahan konsentrat atau hijauan untuk mengurangi keambaan pakan. Sedangkan herbal versi Peraturan Menteri Kesehatan 246/Menkes/Per/V1990 merupakan bahan atau ramuan bahan berupa tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral sediaan gelenik atau campuran dari bahan-bahan tersebut, yang secara tradisional telah digunakan sebagai obat-obatan. Tanaman itu sendiri tidak hanya mencakup daun tetapi juga bisa berupa biji, batang, buah dan akar.
Berarti jika kita definisikan pellet herbal merupakan pakan yang dipadatkan sedemikian rupa yang berasal dari tumbuhan yang berfungsi juga sebagai obat atau pencegahan penyakit.
Sehingga ada dua keuntungan yang didapat, dari pellet akan meningkatkan konsumsi dan efisiensi pakan, meningkatkan kadar energi metabolis pakan, membunuh bakteri patogen, menurunkan jumlah pakan yang tercecer, memperpanjang lama penyimpanan, menjamin keseimbangan nutrient dan mencegah oksidasi vitamin. Dari segi herbal berarti pakan tersebut juga berfungsi untuk mencegah ataupun mengobati penyakit.
Nah, sudah panjang lebar pengertian dan keuntungan yang kita peroleh, Pertanyaan selanjutnya “Bagaimana cara meraciknya??“,
Oke, langsung saja disini saya akan memfokuskan pada pembuatan pellet herbal untuk ikan gurami. Berdasarkan pengalaman dari Bpk. M. Nurul Badrus yang dimuat dalam TROBOS kita dapat meramu dari bahan pakan yang sebagian besar berasal dari tanaman, antara lain :
  • Jagung, bungkil kelapa, dedak padi, ampas tahu dan ikan runcah
  • Bahan herbal yaitu ragi, bawang putih, kunir kuning, jahe, tomat, wortel, jantung pisang, nanas, rebung bambu, nasi, air leri (bekas cucian beras) dan gula kelapa yang difermentasi terlebih dahulu
Proses selanjutnya bahan-bahan tersebut dicampur dan dibentuk pellet. Apabila kita memiliki keterbatasan alat maka kita dapat mengandalkan sinar matahari (bentuk pelet tenggelam).
Sebagai pendukung pakan, maka kita dapat menambahkan suplemen tambahan berupa pakan hijauan dari daun talas.
Keunggulan dari pellet herbal ini diantaranya bawang puting yang bermanfaat mencegah penyakit kulit dan nutrisi kunir kuning untuk menambah nafsu makan. Kemudian wortel untuk vitamin A dan Tomat untuk vitamin C.