Rabu, 12 Juli 2017

PELIHARA LELE 50 HARI PANEN

biasanya pelihara  lele 3 bulan,... wow kesuen. kini kita bisa pelihara cukup 50 hari aja................
Ikan lele adalah komoditas ikan air tawar yang mempunyai nilai gizi yang tinggi dan punya ekonomis  penting.ikan lele dagingnya mengandung protein 17 %, lemak 4,8%, mineral 1,2 % ,vitamin 1,2 % dan air 75,1 %  dan ssat ini telah disajikan di rumah makan juga di lesehan sebagai pecel lele'

budidaya ikan lele dapat diusahakan di kolam tanah,kolam semen, bahkan di sawah atau yang sekarang lebih ngetrend di kolam terpal, pe[ihara lele sangat mudah, tidak menemui hambatan yang cukup berarti , selain itu benih mudah didapat dan masalah penyakit dewasa ini sudah ditemukan vaksin untuk benih ikan lele juga didukung dengan adanya probiotik.

pengembangan budidaya ikan lele trutama dilakukan dalam rangka peningkatan produksi perikanan dengan tujuan meningkatkan ketersedian protein hewani dan timgkat konsumsi ikan bagi masyarakat Indonesia bahkan dunia eksport, selain itu juga diharapkan utnuk meningkatkan pendapatn yang pada akhirnya meningkatkan p\kesejahteraan.

jenis ikan lele yang banyak dibudidayakan saat ini cukup banyak selain lele lokal di kenal lele dumbo, sangkuriang , piton, mamo dll. yang jenis ikan tdi cepat pertumbuhannya dan ukuran bisa besar. Ikan lele di alam hidup di sungai,rawa bahkan payau terutama dataran rendah. lele lebih menyukai tempat yang gelap agak dalam dan tenang.Mempunyai alat bantu pernapasan labirinth sehingga sanggup hidup di air yang sedikit oksigennya.

ikan lele tergolong ikan omnivora, memakan cacing, bahan organik juga tumbuhan makan pada malam hari dan mencari makan di dasar kolam. sebenarnya pemberian pakan tenggelam lebih cocok.

wadah pemelihaaraan lele dapat berupa kolam tanah,semen atau sawah bahkan kolam terpal. Bentuk kolam yang ideal empat persegi panjang. Ukuran kolam tanah luas bisa 100-500 m2. tergantung luas tanah yang tersedia dengan ketinggian pematang 1,5- 2.0 m. Uuntuk kolam semen 10-50 m2 sedangkan kolam terpal 6x4 m. dengan tinggi dinding biasanya 1-1,5m.

ikan lele termasuk ikan yang mudah dipelihara tidak membutuhkan air yang mengalir terutama untuk kolam semen dan terpal penambahan air hanya diperlukan untuk mengganti air yang hilang karena perembesan, penguapan dan stabilitas suhu

dalam persiapan kolam untk kolan tanah, persiapan kolam meliputi pengolahan dasar kolam yaitu pencangkulan pembajakan dan meratakannya. Dinding dan dasar kolam diperkeras dengan dipukul-pukul pakai balok kayu supaya tidak terjadi kebocoran.buat parit dan bak tanpung untuk pemanenan. Pemberian kapur dengandosis 50-100 gram/m2.Tergantung pH tanah. Berikan pupuk kotoran ayam dengan dosis  500-700 gram/m2.TambahKAN PROBIOTIK dengan dosis 100 gram untuk 1000 m2.


untuk kolam semen alias tembok ataupun kolan terpal,persiapan hampir sama dengan kolam tanah bedanya di kolam tembok tidak pengolahan dasr kolam dan perbaikan parit karena bak dan parit telah permanen. begitu pula untuk kolam terpal.

Setelah tiga hari kolam diisi air ,mula-mula sampai ketinggian 30-50 cm dan biarkan sampai satu minggu, sampai air kolam jadi coklat atau kehijauan berarti plangton sudah tersedia .kolam siap
diisi dengan benih lele.

Penebaran benih sebaiknya dilakukan pada sore hari atau pagi hari pada saat udara tidak panas. benih yang akan ditebar perku diaklimatisasi terlebih dahulu untuk menghindari terjadinya stres karena perubahan suhu air yang mendadak. Pelaksanaan aklimatisasi adalah dengan cara memasukan air dalam wadah kantongbenih sedikit demi sedikit,secara perlahan benih dikeluarkan ,wadah kantong benih diisi air  kolam demikian seterusnya sampai benih dalam kantong wadah masuk ke dalam kolam semuanya. Perlakuakn tersebut dilaksanakan dimana wadah kantong benih tetap di dalam kolam.

Padat penebaran ikan lele dalam kolam tanah 35-50 ekor per m2 sedang kolam semen atau terpal bisa mencapai 100 ekor per m2 atau lebih tergantung daya dukungnya. ukuran benih untuk tebar sebaiknya minimal ukuran 5-7 cm.

Dalam pemberian pakan sangat menentukan keberhasilan budidaya lele, karena kurang pakan maka akan timul kanibalisme yaitu saling makan anatara kawan sendiri. untuk itu dibuatkan jadwal pemberian pakan untuk 1000 ekornya,  sebagai berikut :

No.
Hari Setelah Tebar
Jenis Pakan
Banyaknya (kg)
1.
1  -  7 hari
PF 800
2
2.
8  -  14 hari
PF 1000
3
3.
15-  23 hari
LP 1
10
4.
24-  50 hari
LP  3
85

Jumlah

100


kesimpulannya dalam penyediaan pakan pellet dari pabrik, jika memelihara 1000 ekor perlu disiapkan pellet 100 kg.

Penyakit yang biasa menyerang ikan lele adalah akibat dari infeksi bakteri aeromonas, yang timbul akibat lingkungan yang kurang baik. Penyakit yang lain adalah yang dikenal bintik putih yang disebabkan oleh protozoa .penyakit bakteri aeromonas dapat disembuhkan dengan tetrasiklin,streptomisin,dan kemecitin.
Obat tersebut diberikan dengan cara menyampurkan dalam pakan selama satu minggu dengan dosis 1 mg per 100 grm berat ikan per hari. Penyakit bintik putih diobati dengan cara merendam ikan sakit kedalam larutan garam dapur selama 30-60 menit setiap hari dalam seminggu.

Dengan tabel diatas berarti panen bisa dilakukan 50 hari saja. Adapun ikan yang akan dipanen berukuran 8-10 ekor per kg atau 100 gram per ekor. SELAMAT MENCOBA..!!!